Su baru XV Siap Lawan Honda CR-V

0 comments

Surabaya - Produsen mobil Subaru siap meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru pada awal tahun depan. Mobil yang akan bernama Subaru XV itu diproyeksi akan menempati kelas yang sama dengan Honda CR-V.

Presiden Direktur Motor Image yang merupakan pemasok mobil Subaru di kawasan Asia Tenggara, Glenn Tan menjelaskan kalau pihaknya sangat yakin mobil ini akan diterima masyarakat Indonesia.

"Kami sangat yakin, dengan program CKD mobil ini, kami yakin bisa menempatkan Subaru XV ke tingkat harga yang kompetitif," ungkapnya di sela-sela pembukaan showroom Subaru di Surabaya, Minggu (10/7/2011).

"Harganya akan sangat kompetitif bila dibanding mobil Subaru yang sekarang kita bawa dari Jepang. Mobil ini akan masuk C-segmen seperti Honda CR-V, untuk harga kita lihat pas peluncuran, karena akan sangat tergantung pada nilai tukar yen," urainya.

Seperti diketahui, Fuji Heavy Industries Ltd. (FHI) yang merupakan prinsipal Subaru di Jepang beberapa hari lalu mengumumkan telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) untuk mulai memproduksi mobil di Malaysia dengan Grup Tan Chong.

Dalam kontrak tersebut, FHI dan TC Subaru Sdn. Bhd yang merupakan distributor kendaraan Subaru di Malaysia sepakat untuk memulai produksi mobil Subaru pada Oktober 2012 di fasilitas produksi yang ada di Tan Chong Motor Assemblies Sdn. Bhd (TCMA) dengan kapasitas produksi 5.000 unit per tahun.

Dan mobil yang akan diproduksi adalah Subaru XV. Dengan dirakit di Malaysia dan dibawa masuk dalam bentuk CKD ke Indonesia, diperkirakan harga Subaru XV tidak akan semahal bila diboyong dari Jepang sebab ada perjanjian perdagangan bebas diantara negara0negara di Asean.

Untuk mesinnya, Subaru XV menurut Glenn akan mengusung mesin 2.0 bertransmisi otomatis. Selain itu, seperti halnya mobil Subaru lain, mobil ini juga akan mengusung sistem penggerak semua roda alias All Wheel Drive.

Buka Diler di Surabaya

Sebagai pemain baru di Surabaya, Motor Image sebagai distributor Subaru tidak muluk-muluk untuk pasang target penjualan. Subaru hanya menargetkan penjualan 10 unit untuk tiap bulannya.

"Diharapkan penjualan dapat terus meningkat karena kami berani membuka dealer di Surabaya dengan alasan Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia," ujar Glenn Tan.

Selain kota besar kedua, Glenn yakin dengan pertumbuhan ekonomi Surabaya yang terus meningkat. Apalagi harga Subaru ke depan akan lebih murah karena tidak langsung didatangkan secara built up dari Jepang.

"Kalau untuk nasional targetnya 120 mobil untuk semester I tahun 2011," tambah Glenn.

Untuk khalayak Surabaya, Subaru sendiri akan memperkenalkan sedikitnya 4 mobil andalannya yakni Impreza, Exiga, Forester, Legacy dan Outback. Untuk sedan Impreza akan dibanderol dengan harga Rp 348 - Rp 853 juta, untuk Exiga yang masuk ranah mobil MPV dibanderol dengan harga Rp 412 - Rp 540 juta.

Untuk SUV Forester dibanderol dengan harga Rp 440 - Rp 532 juta, sedan Legacy dibanderol Rp 821 juta dan untuk high MPV seperti Outback dibanderol dengan harga Rp 731 - Rp 813 juta.

"Showroom di Surabaya merupakan yang keempat setelah Batam, Pondok Indah dan Kelapa Gading," lanjut Glenn.

Dalam bulan ini, IMI juga akan membuka showroom nya di Bali. Showroom-showroom tersebut merupakan rangkaian dari 20 showroom yang bakal dibuka IMI hingga akhir tahun 2012.

Syubhan Akib,Imam Wahyudiyanta - detikOto
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Tour And Travel | Romes Blog | Best Movie
Copyright © 2011. Automotive Guides - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Master Manalu
Proudly powered by Blogger